Kamis, 24 Januari 2013

Mari Berhitung

Anak sudah pintar berhitung belum ? Coba deh  minta dia untuk menyebutkan angka dari satu hingga sepuluh atau limabelas, sudah mulai lancar kan? Si kecil sekarang juga sudah mulai bisa mengenali dan menuliskan beberapa angka, atau mungkin ia sudah bisa belajar penambahan dan pengurangan angka?
Belajar berhitung bukanlah suatu hal yang mudah untuk si kecil dan tiap metode belajar memiliki dampak yang berbeda bagi tiap anak, jadi  mesti pintar-pintar menerapkan cara belajar yang santai, sesuai dengan kemampuan si kecil dan tetap menyenangkan.
  • Dengan bercerita
    Anak-anak sangat senang mendengar cerita. Misalnya, ‘ada lima ekor burung merpati hinggap didahan pohon, kemudian satu ekor dari burung itu terbang mencari makan. Nah, berapa sisa burung yang ada dipohon sekarang?’ bisa memberikan contoh lain sesuai dengan minat si kecil.
  • Menggunakan permainan
    Contoh,  bisa mengajak si kecil bermain ular tangga. Biarkan si kecil yang melempar dadu, membaca dan menambahkan jumlah angka pada dadu. Pilihkan papan permainan atau dadu yang berwarna-warni, selain mengenal angka, si kecil juga makin mahir mengenal warna.
  • Berdasarkan kegiatan sehari-hari
    Mengikutsertakan kegiatan berhitung pada kegiatan sehari-hari juga bisa membantu. Misalnya, ajak si anak ke dapur dan ajak ia menghitung berapa jumlah sayuran yang baru saja di beli dari pasar.
Si kecil akan lebih mudah menyerap apabila kegiatan belajar ini rutin dilakukan. Jadikan belajar ini menjadi kegiatan yang menyenangkan dan hentikan apabila si kecil terlihat sudah bosan.
Belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan, kan ? Rajin belajar di rumah dapat membantu belajarnya disekolah nanti dan pastinya membantu meningkatkan prestasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar