Modal utama untuk belajar membaca adalah mengenal dan menghafalkan
abjad-abjad, yaitu dari A sampai dengan Z. Setelah menghafal abjad-abjad
tersebut, maka akan memudahkan anak belajar membaca dengan
merangkaikannya. Tentu saja belajar membaca abjad tersebut perlu
disertai dengan alat atau tools atau peraga yang menarik, sehingga anak
akan dengan mudah menyerap pelajaran tersebut. Tentu saja, seperti dalam
artikel-artikel sebelumnya, bahwa dunia anak adalah dunia bermain,
sehingga anak akan semakin mudah belajar manakala dia sedang bermain.
Oleh karena itu sangat penting mengkondisikan agar dalam belajar
membaca, anak selalu dalam kondisi bermain
.
Barangkali kita sering berfikir, bahwa belajar akan mendapatkan hasil
yang memuaskan apabila dilakukan dengan serius, duduk di depan meja,
konsentrasi dan sebagainya. Akan tetapi menurut saya, untuk anak-anak
(apalagi pra SD dan usia TK), dengan cara seperti itu justru akan
mendapatkan hasil yang kurang optimal. Bahkan bisa mengakibatkan anak
akan semakin tidak suka dengan kegiatan belajar.
Untuk anak usia pra SD atau anak balita atau anak TK, salah satu cara
yang sangat efektif untuk belajar adalah dengan menyajikan proses
belajar sesuai dengan kondisi psikologis anak pada saat itu, yaitu
kondisi bermain. Oleh karena itu sangat diperlukan berbagai sarana dan
tools yang dapat menjembatani antara belajar dengan bermain. .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar