Rabu, 23 Januari 2013

Ayo Belajar Membaca

Modal utama untuk belajar membaca adalah mengenal dan menghafalkan abjad-abjad, yaitu dari A sampai dengan Z. Setelah menghafal abjad-abjad tersebut, maka akan memudahkan anak belajar membaca dengan merangkaikannya. Tentu saja belajar membaca abjad tersebut perlu disertai dengan alat atau tools atau peraga yang menarik, sehingga anak akan dengan mudah menyerap pelajaran tersebut. Tentu saja, seperti dalam artikel-artikel sebelumnya, bahwa dunia anak adalah dunia bermain, sehingga anak akan semakin mudah belajar manakala dia sedang bermain. Oleh karena itu sangat penting mengkondisikan agar dalam belajar membaca, anak selalu dalam kondisi bermain
.
Barangkali kita sering berfikir, bahwa belajar akan mendapatkan hasil yang memuaskan apabila dilakukan dengan serius, duduk di depan meja, konsentrasi dan sebagainya. Akan tetapi menurut saya, untuk anak-anak (apalagi pra SD dan usia TK), dengan cara seperti itu justru akan mendapatkan hasil yang kurang optimal. Bahkan bisa mengakibatkan anak akan semakin tidak suka dengan kegiatan belajar.

Untuk anak usia pra SD atau anak balita atau anak TK, salah satu cara yang sangat efektif untuk belajar adalah dengan menyajikan proses belajar sesuai dengan kondisi psikologis anak pada saat itu, yaitu kondisi bermain. Oleh karena itu sangat diperlukan berbagai sarana dan tools yang dapat menjembatani antara belajar dengan bermain. .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar