Kamis, 24 Januari 2013

Ajari Anak Belajar Menulis

Penyebutan urutan nama-nama huruf dalam alphabet sebaiknya dikenalkan pada anak sejak dini. Langkah ini bisa di sampaikan sembari anak-anak mengamati bentuk-bentuk huruf. Selanjutnya ajarkan bentuk dasar cara penulisan huruf-huruf tersebut.
Penyebutan urutan nama-nama huruf dalam alphabet sebaiknya dikenalkan pada buah hati Anda sejak dini. Langkah ini bisa Anda sampaikan sembari anak-anak mengamati bentuk-bentuk huruf. Selanjutnya ajarkan bentuk dasar cara penulisan huruf-huruf tersebut. Ajari mereka mengenali cara membentuk huruf-garis vertikal, garis horisontal, lingkaran, persegi, dan garis-garis diagonal. Kenyataannya, banyak anak tahu cara membentuk huruf-huruf sebelum TK.

Kunci mengenalkan huruf pada anak bisa dilakukan dengan permainan. Ciptakan suasana menyenangkan bagi anak dengan permainan. Nah, bila permainan itu mulai membosankan anak, beralihlah ke hal lain. Misalnya, beralih ke mewarnai gambar, menebalkan kata, atau bernyanyi.

Setelah Anda mengajarkan anak cara membentuk bentuk-bentuk dasar, kenalkan perbedaan huruf besar dan huruf kecil. Bisa juga Anda mengajaknya menuliskan namanya. Perlahan setelah si anak dapat terbentuk nama mereka, ajari menulis nama-nama ayah, ibu, kakek, dan seterusnya. Dampingi dan bantulah anak bila menemui kesulitan dalam membentuk huruf.

Agar tidak bosan, kenalkan pula aneka alat-alat tulis seperti spidol, ballpoint, dan pensil warna. Termasuk cara menggunakan; memegang, menulis, dan menggoreskan warna. Kenalkan pula huruf-huruf di papan keyboard komputer atau handphone Anda.

Belajar bentuk huruf yang menyenangkan bisa dilakukan dengan cara yang kreatif seperti dengan memperlihatkan poster huruf-huruf, buku kreativitas anak, menempel stikel huruf-huruf, dan lain sebagainya. Mungkin Anda memiliki aneka cara yang lebih kreatif untuk mengajak belajar sembari bermain!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar